Menang Tipis, Peru Pulangkan Brasil

BrasilPerjalanan tim nasional Brasil di Copa America Centenario 2016 secara mengejutkan harus berakhir di babak grup. Selecao angkat koper lebih cepat setelah dikalahkan oleh timnas Peru 0 – 1 dalam laga terakhir Grup B melalui sebuah gol kontroversial.

Menghadapi Peru di Stadion Gillette, Foxborough, Amerika Serikat pada Senin 13 Juni 2016 pagi WIB, Brasil sebenarnya hanya memerlukan hasil imbang untuk bisa melaju ke babak perempatfinal. Sejak menit-menit awal pertandingan, tim besutan Carlos Dunga langsung melakukan pendekatan menyerang.

Brasil sendiri lebih dominan dalam hal penguasaan bola dengan persentase mencapai 66 persen seperti yang dicatat oleh ESPN. Mereka melakukan 14 percobaan dengan lima di antaranya mengarah ke gawang. Sementara tim lawan hanya melakukan empat percobaan di mana separuhnya menemui sasaran.

Brasil mendapatkan pukulan telak saat bertandingan berjalan di menit ke-73, sebuah serangan dari sisi kiri pertahanan diselesaikan oleh Raul Ruidiaz di depan gawang yang kemudian berbuah gol. Brasil protes karena menilai Ruidiaz menyentuh bola dengan tangannya, sebagaimana yang juga diperlihatkan dalam tayangan ulang.

Tapi setelah berunding dengan pihak official selama beberapa waktu, wasit tetap mengesahkan gol tersebut. Setelah itu, Brasil mencoba menekan Peru dalam waktu tersisa, namun hingga peluit panjang dibunyikan, Selecao sama sekali tidak berhasil mencetak gol balasan.

Dengan kemenangan ini, Peru pun sukses melaju ke babak perempatfinal, berstatud sebagai juara Grup B dengan perolehan 7 poin dari tiga pertandingan, disusul oleh Ekuador dengan koleksi 5 poin, yang lebih dulu memastikan melaju usai meraih kemenangan 4 – 0 atas Haiti. Sementara Brasil harus angkat kaki setelah hanya mengumpulkan 4 poin.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *