liverpool

Absen Di Eropa Bukan Keuntungan Bagi Liverpool

Liverpool tidak tampil dalam kompetisi Eropa apapun di musim ini. Namun, menurut sang manajer Juergen Klopp, hal tersebut sama sekali tidak membuat timnya merasa diuntungkan dalam perburuan gelar juara.

Hanya berhasil mengakhiri musim di peringkat kedelapan musim lalu di Premier League menjadi alasan mengapa Liverpool tidak tampil di kompetisi Eropa apapun. Jalur ke Liga Champions lewat Liga Europa juga gagal setelah mereka ditaklukkan Sevilla di partai final.

Tak tampil di Eropa memang menjadi kerugian tersendiri untuk Liverpool dari sisi prestise maupun finansial. Namun di satu sisi, The Reds diuntungkan dengan kondisi para pemain yang fit karena hanya fokus di tiga kompetisi lokal, khususnya Premier League.

Hal itu dibuktikan dengan Liverpool kini menduduki peringkat ketiga klasemen dengan 23 poin, hanya kalah dalam torehan gol dari Manchester City dan Arsenal. Ketika tim-tim papan atas lainnya harus berjibaku di kompetisi Eropa tengah pekan, The Reds bisa menyimpan tenaga.

Ketika The Citizens dan The Gunners masih harus berhadapan dengan lawan yang tangguh di Liga Champions, The Reds hanya akan menggunakan waktu selama sepekan ini untuk sesi latihan sebelum berhadapan dengan Watford pada pekan depan.

Walaupun demikian, Klopp tidak menganggap hal tersebut sebagai sebuah keuntungan karena dia sebenarnya berharap agar tim asuhannya bisa rutin bermain di kompetisi domestik dan kompetisi Eropa.

“Semua orang membicarakan soal kami tidak bermain di kompetisi Eropa, namun saya rasa tim juara adalah tim yang juga bermain di Liga Champions. Terkadang itu adalah sebuah keuntungan, namu tidak untuk saya,” ujar Klopp seperti yang dilansir dari Soccerway.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *